4 Alasan Utama Kredit Anda ditolak Bank

January 27, 2016

Setiap pengajuan kredit selalu anda temukan poin bahwa bank berhak menolak pengjuan kredit anda tanpa perlu memberitahukan alasannya kepada calon nasabah.Memang sejauh ini bank dituntut untuk prudent atau hati-hati terhadap pengajuan kredit calon nasabahnya. Penolakan pengajuan kredit adalah mutlak kewenangan bank. Penolakan inilah yang seringkali mebua calon nasabah bingung, mengapa ditolak? Jika anda termasuk orang yang ditolak kreditnya, 4 alasan utama berikut ini bisa menjadi perhatian penting saat pengajuan kredit berikutnya:

Nasabah Tidak Memenuhi Persyaratan Mandatori yang ditentukan bank

Bank menetapkan persyaratan minimum atau mandatori yang harus dipenuhi jika seseorang ingin mengajukan pinjaman. Beberapap poin penting diantaranya adalah Gaji dibawah ketentuan, misalnya Rp. 3 juta, Usia tidak masuk dalam rentang minimum dan maksimum yaitu 18-55 tahun, dan peminjam berdomisili di luar wilayah operasional bank.

Nasabah Tidak Bisa melengkapi Dokumen yang Valid

Dokumen utama kredit yang harus dipenuhi dan valid misalnya KTP, slip gaji dan kartu kredit merupakan tahap pertama dalam proses kredit. Banyak kasus penolakan bank akibat nasabah dengan dokumen yang diduga palsu atau sudah habis masa berlakunya.

No telpon Tidak aktif sehingga Calon Peminjam Tidak Bisa Dihubungi

Ini salah satu kasus klasik yang banyak terjadi pada proses pengajuan kredit. Ingat, bahwa setelah data dan dokumen lengkap, sesuai prosesdur tetap bank menghubungi calon debitur untuk verifikasi dan memastikan bahwa pihak tersebut memang mengajukan kredit.

No telp tidak aktif sangat berpotensi menimbulkan kasus pengajuan kredit fiktif, sehingga bank ingin memastikan bahwa nasabah bisa dihubungi sejak awal. Belakangan banyak modus pengajuan bukan dilakukan oleh pihak terdapat dalam dokumen.

Tempat Bekerja Calon Nasabah tidak Bisa Diverifikasi

Selain tempat tinggal, bank pasti akan cek pekerjaan dan tempat bekerja peminjam untuk proses verifikasi. Jika verifikasi gagal, sudah pasti pengajuan kredit anda akan ditolak. Tujuan verifikasi adalah untuk memastikan bahwa peminjam punya sumber penghasilan untuk membayar kewajiban angsuran.

Ada banyak kasus kredit seseorang calon nasabah ditolak bank, namun setidaknya 4 hal diatas mutlak harus anda penuhi sesuai ketentuan bank. Jika tidak, sudah pasti pengajuan kredit anda akan ditolak bank.

Kategori:
Kartu Kredit
Tagged With:
Tanpa tag