5 Cara Efektif Mengelola Modal Usaha

April 25, 2015

Modla usaha seperti nyawa bagi pengusaha. Bisnis bisa berajalan manakala ada aliran cash flow yang lancar. Bisnis juga bisa besar jika kita sudah bekerja sama dengan bank dalam bentuk pemberian modal usaha. Ada banyak macam modal usaha dari bank dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Sebagai pengusaha pemula, ada baiknya anda simak dan berbagi pengalaman dengan komunitas klaritikita cara mudah dan efektif mengelola modal usaha berikut ini:

Pastikan setiap rupiah modal usaha anda sudah mempunyai pos yang pasti

Jangan sampai anda mengambil modal usaha dari bank namun belum jelas kapan dan untuk apa. Ingat bahwa setiap bulan anda harus membayar bunga sehingga setiap rupiah yang anda dapatkan dari bank harus berputar menghasilkan pendapatan usaha yang lebih tinggi dari bunga bank.

Atur secara ketat dan disiplin arus kas anda

Arus kas meliputi berapa danan yang masuk dan berapa dana yang keluar. Arus kas harus positif, makin tinggi rasionya dana masuk disbanding dana keluar, tingkat likuiditas anda makin bagus sehingga keputusan bisnis bisa lebih mudah diambil.

Catat semua transaksi secara sistem online

Pencatatan secara manual seringkali hilang atau tidak update. Sebaiknya dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan anda melakukan secara online sehingga bisa dipantau setiap saat dimanapun anda berada.

Monitor rasio hutang jangka pendek anda

Hutang jangka pendek harus dilunasi dalam waktu satu tahun. Hutang janga pendek seringkali mengganggu cash flow anda jika tidak terkontrol. Akibatnya bisnis anda bisa terganggu jika posisi cash flow anda negative akibat rasio hutang yang tidak dimonitor dengan baik.

Jangan memulai usaha dengan hutang di bank

Untuk memulai usaha, anda belum berpengalaman sehingga terlalu beresiko menggunakan modal usaha untuk memulai usaha. Prospek bisnis yang anda mulai belum tentu menghasilkan keuntungan. Jika baru dirintis sebaiknya anda menggunakan uang tabungan sampai cash flow anda menjadi lancar. Setelah itu baru anda bisa menggunakan modal usaha dari bank untuk mengembangkan usaha anda.

Sudahkah anda mengelola modal usaha dengan baik? Berbagi pengalaman dengan pembaca lainnya dalam komunitas klaritikita bisa memperluas jaringan usaha anda.