5 Tips Gaya Hidup Sehat Remaja Produktif

April 7, 2016

Usia remaja merupakan usia emas yang membuat orang menjadi lebih produktif pada usia tersebut. Bekerja setiap hari atau bepergian kemanapun tidak akan membuat remaja merasa cepat capek atau lelah, sehingga membuat banyak remaja yang kurang peduli dengan kesehatan tubuhnya. Bahkan beberapa kebiasaan buruk banyak dilakukan remaja zaman sekarang. Sebagian besar remaja mempunyai pikiran bahwa penyakit akan datang menyerang, jika mereka sudah menginjak usia tua. Padahal pemikiran tersebut salah besar, karena terdapat banyak jenis penyakit yang dapat mengancam tubuh meskipun masih usia remaja. Jadi jagalah kesehatan tubuh mulai sekarang dengan melakukan gaya hidup sehat. Berikut ini 5 gaya hidup sehat remaja produktif:


1.Jangan Menjemur Tubuh Diterik Matahari


Matahari pagi memang sangat baik untuk kesehatan tulang. Namun, jangan membiasakan diri menjemur tubuh dibawah sinar matahari saat siang hari tanpa tabir surya. Karena penyakit, seperti: kanker kulit dapat menyerang tubuh Anda.



2.Penuhi Asupan Kalsium, Vitamin D dan Asam Lemak Omega 3


Kalsium dan Vitamin D sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis yang dapat menyerang para remaja. Sumber vitamin D berasal dari sinar matahari pagi hari dan bermacam sayuran yang bewarna hijau. Stroke dan penyakit jantung diusia remaja dapat dicegah dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Sumber asam lemak omega 3 berasal dari ikan salmon, tuna maupun makarel.


3.Aktivitas Sehat


Aktivitas sehat yang dimaksud adalah rajin berolahraga secara teratur serta menghindari berbagai kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan tubuh, seperti: merokok dan minum minuman beralkohol. Aktivitas sehat ini untuk menghindarkan para remaja dari berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh.


4.Olahraga Otak


Olahraga yang baik untuk kesehatan otak adalah mengisi teka-teki silang dan rajin membaca berbagai buku yang disukai. Olahraga otak bertujuan untuk mencegah penyakit alzheimer atau kepikunan dini yang dapat melanda para remaja.


5.Jaga Berat Badan Ideal Dan Kontrol Pola Makan


Para remaja sering mengkonsumsi berbagai makanan tanpa memperhatikan berat badannya, sehingga rawan kegemukan. Kegemukan atau obesitas membuat tubuh mudah terserang berbagai penyakit mematikan, seperti: jantung, lever, diabetes dan lainnya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori cukup tinggi ditambah kurang berolahraga dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang dapat menyerang remaja yang tidak mengontrol pola makan dan jarang berolahraga.


Demikian pembahasan 5 tips gaya hidup sehat remaja produktif. Mulai dari sekarang terapkan 5 tips tersebut untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi jangan tunda lagi untuk melakukan aktivitas sehat untuk mencegah tubuh Anda dari serangan penyakit.

Kategori:
Informasi Kesehatan
Tagged With:
Tanpa tag