​Apakah Anda Pernah Mengalami Mata Terasa Panas Terbakar dan Gatal? Ulasan Ini Bisa Membantu Anda

Tips Atasi Mata Panas Terbakar
May 28, 2019

Apakah Anda pernah mengalami mata terasa panas terbakar, gatal, dan lelah? Ini adalah kondisi umum tetapi jarang berdampak serius. Anda dapat mengambil langkah sederhana untuk mencegah atau mengurangi masalah ini. Jika taktik itu tidak berhasil, temui dokter Anda. Apa yang Anda rasakan bisa menjadi tanda dari kondisi yang lebih serius yang membutuhkan perawatan intensif.

Sindrom mata kering adalah kondisi kronis dan biasanya bersifat progresif. Tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya, mungkin tidak sepenuhnya dapat disembuhkan. Tetapi dalam kebanyakan kasus, mata kering dapat dikelola dengan baik. Hal ini biasanya menghasilkan kenyamanan mata yang lebih besar, bisa mengurangi gejala mata kering, dan terkadang bisa kembali menghasilkan penglihatan yang lebih tajam juga.

Karena penyakit mata kering dapat memiliki sejumlah penyebab, berbagai pendekatan pengobatan digunakan.

Beberapa hal berikut ini sangat penting untuk jadi perhatian serius jika Anda mengalami sakit kepala atau masalah lain seperti: ketidaknyamanan mata, pandangan ganda atau kabur dan perubahan besar dalam jarak pandang dsb. Berikut ini adalah daftar perawatan mata kering yang biasa digunakan oleh dokter mata untuk mengurangi tanda dan gejala mata kering. Dokter mata Anda mungkin merekomendasikan hanya satu dari perawatan mata kering ini atau kombinasi perawatan, tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan kondisi Anda.

Apa Penyebabnya?

Apa pun yang membutuhkan kecermatan mata yang intens dapat menyebabkan kelelahan. Beberapa yang paling umum adalah: rutin baca buku, hobi menulis artikel dsb.

Menyetir dan aktif di depan komputer atau smart phone

Jika Anda melihat cahaya terang atau menghabiskan waktu di tempat yang terlalu redup, itu juga dapat melelahkan mata Anda.

Mata Anda mungkin mudah lelah jika Anda menatap komputer, smartphone, atau konsol game dalam waktu lama. Dokter mata mungkin menyebutnya sindrom penglihatan komputer atau ketegangan mata digital. Ini mempengaruhi kebanyakan orang yang menggunakannya. Beberapa perkiraan mengatakan gejala mata yang berhubungan dengan komputer mungkin bertanggung jawab atas hingga 10 juta kunjungan dokter mata per tahun. Masalahnya diperkirakan akan bertambah karena semakin banyak orang menggunakan smartphone dan perangkat digital genggam lainnya, yang memaksa mata Anda untuk bekerja lebih keras dari biasanya saat mereka berusaha untuk fokus pada kata-kata kecil.

Perangkat digital juga dapat dikaitkan dengan kelelahan mata karena Anda cenderung lebih jarang berkedip ketika melihat layar komputer. Orang biasanya berkedip sekitar 18 kali per menit. Ini secara alami menyegarkan mata. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang hanya berkedip sekitar setengah lebih sering saat melihat komputer atau perangkat digital lainnya. Ini bisa menyebabkan mata kering, lelah, gatal, dan terbakar.

Apa gejalanya?

Waspadai beberapa gejala berikut ini:

  • Mata sakit atau mudah teriritasi
  • Mata kering atau berair
  • Penglihatan kabur atau ganda
  • Meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya
  • Nyeri di leher, bahu, atau punggung

Gejala-gejala ini dapat menurunkan produktivitas Anda. Jika Anda tetap terjaga berjam-jam bekerja, Anda dapat memperburuk masalahnya. Tidur menyegarkan mata Anda dengan nutrisi penting. Kurang tidur dapat menyebabkan iritasi mata yang berulang. Perawatan mata kering yang berhasil mengharuskan Anda bersedia untuk mengikuti rekomendasi dokter mata Anda.

Kategori:
Informasi Kesehatan
Tagged With:
mata terbakar