Bagaimana Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Mata?

Bagaimana Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Mata?
May 31, 2019

Jika Anda merasa lelah di tempat kerja saat ini, Anda tidak sendirian. Faktanya, sebuah penelitian baru Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menemukan lebih dari 40 juta pekerja Amerika mendapatkan kurang dari enam jam tidur per malam - itu sekitar 30 persen dari tenaga kerja negara seperti dilansir dari CBS News.

Sebagian besar dari kita sadar bahwa tidak cukup menutup mata bisa berbahaya bagi tubuh Anda; Namun, Anda mungkin tidak tahu bahwa kurang istirahat dapat berbahaya bagi penglihatan Anda. Meskipun kurang tidur sering disalahkan jadi pemicu utama munculnya lingkaran hitam di bawah mata Anda, namun sebenarnya tidak cukup istirahat dapat mengganggu kesehatan mata Anda secara keseluruhan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mata membutuhkan setidaknya lima jam tidur per malam untuk mengisi cairan kembali dengan benar. Tanpa waktu itu, mata tidak dapat bekerja maksimal. Salah satu efek samping yang umum dari kurang tidur adalah spasme mata. Kejang mata didefinisikan sebagai kedutan mata tidak sadar yang terjadi ketika Anda memiliki kejang di kelopak mata Anda. Kejang spontan ini dikenal sebagai myokymia. Kejang mata tidak boleh menyakitkan atau merusak penglihatan Anda; Namun, mereka bisa sangat menjengkelkan dan mengganggu. Hindari kejang mata dengan memastikan Anda mendapatkan jumlah tidur yang cukup per malam.

Bagaimana Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Mata?

Anda tahu bahwa tidur itu penting untuk kesehatan Anda, tetapi apakah Anda tahu bahwa tidur juga penting bagi mata Anda? Melewatkan istirahat malam (biasanya untuk begadang) dapat merusak penampilan Anda, dan yang lebih penting lagi dapat mengganggu kesehatan dan merusak mata Anda. Terus membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang hubungan antara tidur dan penglihatan Anda.

Efek Samping Negatif dari Begadang

Kurang tidur dapat membawa Anda banyak masalah pada kesehatan mata Anda. Beberapa efek samping bisa saja ringan, sementara yang lain bisa menjadi sangat serius.

Salah satu efek samping kurang berbahaya dari kurang tidur adalah memiliki lingkaran hitam di bawah mata Anda. Ketika Anda tidak mendapatkan tidur yang Anda butuhkan, Anda mungkin memperhatikan bahwa mata Anda terlihat bengkak atau bahkan Anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata Anda. Ini membuat Anda terlihat lelah dan lebih tua.

Begadang juga bisa menyebabkan kejang mata dan berkedut sepanjang hari. Hal ini dapat membuat frustrasi dan menyulitkan Anda untuk membaca atau melakukan pekerjaan Anda, atau berkendara dengan aman.

Efek samping negatif yang sedikit lebih serius dari kurang tidur adalah memiliki mata yang kering, gatal, dan merah. Mata kering bisa menyakitkan dan menyebabkan iritasi, tetapi ini juga bisa berarti mata Anda tidak mendapatkan pelumasan yang mereka butuhkan untuk tetap sehat. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa Anda sensitif terhadap cahaya atau pandangan Anda menjadi kabur. Masalah lain dengan memiliki mata kering dan gatal adalah bahwa Anda lebih mungkin untuk sering menggosoknya, yang dapat menyebabkan infeksi mata. Kurang tidur juga melemahkan sistem kekebalan Anda, sehingga Anda lebih rentan terhadap infeksi ketika Anda tidak cukup istirahat.

Karena kurang tidur itu merugikan kesehatan Anda, pada akhirnya dapat menyebabkan masalah mata yang lebih serius seperti glaukoma. Glaukoma adalah kondisi di mana terlalu banyak tekanan menumpuk di dalam mata. Akhirnya glaukoma dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Tidur setiap malam memberi Anda kesempatan untuk beristirahat, menyembuhkan, dan mengisi kembali sehingga mata Anda dapat tetap sehat.