Berbagai Alternatif Cara Mendapatkan Modal Usaha Selain Dari Bank

Berbagai Alternatif Cara Mendapatkan Modal Usaha Selain Dari Bank
May 3, 2019

Untuk membuka sebuah usaha atau bisnis baik itu skala menengah ataupun besar, kendala modal biasanya menjadi hal yang pertama jika ingin menjalani usaha, terutama jika usaha tersebut membutuhkan uang yang banyak sedangkan kita hanya memiliki modal yang terbatas. Usaha apapun saat ini hampir semua membutuhkan modal untuk bisa berjalan dan terkadang kita harus siap mengeluarkan biaya untuk operasional dibulan-bulan awal tanpa adanya pemasukan. Walaupun modal bukan hanya uang saja seperti tenaga, ilmu, manajemen, dan juga kegigihan dalam berusaha, namun tidak bisa dipungkiri kalau sebegian besar usaha harus ada uang terlebih dahulu agar bisa berjalan.

Selain meminjam kepada bank, kita juga bisa mendapatkan modal usaha dengan cara lain seperti meminjam kepada keluarga ataupun saudara, dan juga mendapatkan modal usaha dari investor atau rekan bisnis yang bekerjasama dengan anda. Semua cara tersebut tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Jika kita meminjam kepada saudara, tentunya ada rasa saling percaya dan kemungkinan lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman, namun jumlah pinjaman mungkin terbatas atau anda tidak mendapatkan pinjaman jika keluarga atau saudara anda tidak memiliki uang.

Anda juga bisa mendapatkan uang lewat investor, akan tetapi untuk mendapatkan investor yang mau menitipkan uangnya kepada anda biasanya lebih sulit untuk dicari dan didapatkan. Selain itu biasanya keuntungan juga harus dibagi berdasarkan pembagian saham atau pembagian keuntungan yang sudah disepakati. Dan juga anda harus bersiap untuk bertanggungjawab terhadap uang dan juga pengelolaannya.

Sedangkan untuk mendapatkan modal di bank anda mungkin sedikit rumit diawal seperti anda harus menyiapkan surat-surat atau kelengkapan yang dibutuhkan serta jaminan untuk dapat meminjam modal usaha. Keuntungan dari meminjam uang di bank antara lain adalah anda bisa mendapatkan jumlah modal yang anda kehendaki. Hal tersebut sangat penting terutama jika anda akan membuka usaha yang membutuhkan modal yang sangat besar. Tentunya anda akan kesulitan jika meminjam kepada keluarga dan saudara jika uang yang dibutuhkan termasuk besar hingga ratusan juta atau milyaran rupiah.

Meminjam di bank tentu juga ada kekurangannya. Meminjam di bank bisa dibilang memiliki resiko yang lebih tinggi dari meminjam kepada kerabat apalagi jika kita masih belum berpengalaman dalam usaha atau baru memulai usaha dari nol. Jika bisnis anda kurang lancar dan tidak bisa membayar cicilan bulanan yang sudah disepakati, jaminan yang sudah anda serahkan akan menjadi miliki dari pihak bank sampai anda bisa melunasi semua hutang-hutang anda. Semua cara tersebut memang memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Anda juga harus memikirkan dan menyesuaikan dengan kemampuan apabila ingin meminjam uang ke bank.