Penggunaan Tetes Mata (Air Mata Buatan) untuk Atasi Mata Kering

Penggunaan Tetes Mata (Air Mata Buatan)
May 5, 2019

Untuk kasus ringan mata kering yang disebabkan oleh penggunaan komputer, membaca, tugas sekolah dan penyebab situasional lainnya, perawatan mata kering terbaik mungkin hanya sering menggunakan air mata buatan atau tetes mata pelumas lainnya. Air mata buatan biasanya merupakan langkah pertama dalam perawatan mata kering.

Ada banyak merek air mata buatan yang tersedia tanpa resep dokter. Tantangan dengan menggunakan air mata buatan bukanlah kurangnya ketersediaan produk - ini adalah jumlah merek dan formulasi yang membingungkan yang dapat dipilih. Air mata tiruan dan tetes mata pelumas bebas (OTC) lainnya tersedia dalam berbagai bahan dan viskositas ("ketebalan").

Air mata buatan dengan viskositas rendah "ringan" dan berair. Mereka sering memberikan bantuan cepat dengan sedikit atau tanpa pengaburan visi Anda ketika Anda menerapkannya. Tetapi seringkali efek penenangnya sangat singkat, dan kadang-kadang Anda harus menggunakan obat ini sangat sering untuk mendapatkan bantuan mata kering yang memadai.

Di sisi lain, air mata buatan yang memiliki viskositas tinggi lebih seperti gel dan dapat memberikan pelumasan yang lebih tahan lama. Tetapi biasanya tetes-tetes ini menyebabkan penglihatan Anda kabur secara signifikan selama beberapa menit segera setelah Anda menerapkannya. Untuk alasan ini, tetes ini sering bukan pilihan yang baik untuk digunakan selama hari kerja Anda atau ketika Anda membutuhkan visi yang jelas untuk tugas-tugas seperti mengemudi. Sebaliknya, air mata buatan dengan viskositas tinggi direkomendasikan hanya untuk penggunaan sebelum tidur.

Juga, bahan-bahan dalam merek air mata buatan tertentu dapat menentukan jenis kondisi mata kering mana yang lebih cocok untuk mereka. Misalnya, satu merek mungkin bekerja lebih baik untuk mata kering kekurangan air, sementara merek lain mungkin lebih efektif untuk kondisi mata kering menguap.

Jika dokter mata Anda menganjurkan Anda menggunakan satu atau lebih merek atau formulasi air mata buatan, pastikan untuk mengikuti arahan yang ia berikan kepada Anda tentang kapan dan seberapa sering Anda menggunakan obat tetes. Selain itu, jangan mengganti merek yang berbeda dari merek yang direkomendasikan oleh dokter mata Anda. Menggunakan merek yang berbeda atau beberapa merek air mata buatan akan mempersulit menilai keberhasilan perawatan mata kering yang direkomendasikan dokter Anda.